ANTISIAPSI TUBRUKAN KAPAL, PATROLI POLAIRUD KETAPANG SAMBANGI AWAK KAPAL UNTUK MEMBERIKAN HIMBAUAN KESELAMATAN



Ketapang - Senin (06/05/2024), saat melakukan kegiatan patroli perairan rutin, Aiptu Mulyono dan rekannyamelihat sebuah kapal tunda yang sedang tambat dan anchor di seberang Dermaga Pelabuhan Pelindo II Ketapang.

Kapal tunda TB. Cahaya Niaga tersebut sedang sandar di Tongkang kapal.

Dari keterangan Nahkoda kapal TB. Cahaya Niaga sengaja anchor di tepian sungai Pawan depan Pelabuihan pleindo II Ketapang, untuk menunggu giliran sandar di dermaga khusus bongkar muat BBM di dermaag Pelabuhan Pelindo II Ketapang.

Saat ngobrol dengan salah satu awak kapal Aiptu Mulyono juga menyampaikan himbauan agar para awak kapal benar-benar mengecek tali tambat kapal terutama pada malam hari saat arus kuat dari arah hulu sungai Pawan  akibat air laut surut.

" Jangan sampai tali tambat kapal lepas atau putus yang bisa mengakibatkan terjadinya tubrukan kapal dengan kapal lainnya atau dengan bangunan dermaga yang ada " ujar Aiptu Mulyono.

Awak kapal juga dihimbau agar berhati-hati dan waspada saat berlayar menyusuri alur pelayaran sungai Pawan, agar mengurangi kecepatan kapal antisipasi gelombang kapal yang bisa merusak bangunan dermaga, rumah penduduk atau menenggelamkan sampan para nelayan kecil.

" Saat berlayar di sungai Pawan Ketapang harap berhati-hati terhadap aktivitas masyarakat nelayan kecil yang menggunakan sampan di sungai Pawan, antisipasi terjadinya laka air " tambahnya.

Setelah sambangi awak kapal TB. Cahaya Niaga dan menyampaikan himbauan, personil patroli meneruskan kegiatan menyusuri alur pelayaran sungai Pawan menuju sekitar Muara laut Ketapang, sambil memonitor situasi Kamtibmas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TERKAIT VIRUS COVID-19, PERSONEL PATROLI SATPOLAIR SAMPAIKAN HIMBAUAN PATUH PROTOKOL KESEHATAN

POLAIRUD KETAPANG MENGIKUTI KEGIATAN LATKATPUAN FUNGSI SPK DI AULA MAPOLRES KETAPANG

INI PESAN PERSONIL POLAIRUD KETAPANG KEPADA MASYARAKAT YANG DI TEMUI SAAT BERPATROLIDI SUNGAI PAWAN