INI YANG DISAMPAIKAN PERSONIL SATPOLAIRUD SAAT SINGGAHI CREW KAPAL TUGBOAT MUATAN BATU BARA DI DERMAGA PLTU KETAPANG

 



Ketapang-  Sabtu, (27/04/2024). Sebagai wujud kehadiran Polisi Perairan di tengah-tengah masayarakat, Satpolairud Polres Ketapang dalam setiap pelaksanaan patroli perairan, selain memantau melalui kapal patroli, juga langsung terjun mendatangi kapal-kapal yang keluar masuk dan bongkar muat di dermaga yang ada di Kab. ketapang dan memastikan bahwa aktiftas bongkar muat kapal berjalan dengan aman dan kondusif dan meminimalisir segala bentuk aksi premanisme

Dalam patroli perairan saat ini, personil Satpolairud singgahi salah satu tugboat yang sedang sandar di sekitar dermaga PLTU Sukabangun Dalam Ketapang yaitu TB. FPS 01 yang menarik tongkang bermuatan bermuatan batu bara yang akan di bawa dari jambi menuju Kab. Ketapang yang akan digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengetahui kelengkapan dokumen kapal, isi muatan kapal serta jumlah crew kapal yang ada di atas kapal, serta memastikan aktifitas bongkar muat dapat berjalan dengan aman dengan lancar.

Dalam kesempatan tersebut personil sekaligus menggali informasi perihal aktifitas pelayaran serta menghimbau kepada crew dan awak kapal lainnya untuk selalu waspada dan hati-hati, mengingat saat ini kondisi cuaca yang kurang bersahabat sesuai dari prediksi BMKG, angin cukup kencang dan membuat alur pelayaran sedikit terganggu  “ agar selalu waspada saat akan berlayar dan lebih baik menunda untuk sementara waktu sambil menunggu informasi dari intansi yang berwenang “ ujar Aipda Suryandi. 

Selain itu personil satpolairud juga mengingatkan kapada para ABK kapal agar selau menggunakan masker dan alat keselamatan lainnya saat aktiftas bongkar muat dilakukan, mengingat debu limbah batu bara dapat membahayakan bagi manusia.

Setelah dirasa cukup dalam melakukan pemeriksaan kapal menyampaikan himbauan kamtibmas, personil Satpolairud memutuskan untuk meninggalkan kapal tersebut dan melanjutkan perjalanan patroli ke lokasi lainnya. “Diharapkan dengan kegiatan patroli yang dilaksanakan oleh personil satpolairud Polres Ketapang dapat memberikan rasa aman kepada para pengguna alur Sungai Pawan serta dapat menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif paska perayaan lebaran lebaran Idul Fitri beberapa waktu lalu” tambah Aipda Suryandi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TERKAIT VIRUS COVID-19, PERSONEL PATROLI SATPOLAIR SAMPAIKAN HIMBAUAN PATUH PROTOKOL KESEHATAN

POLAIRUD KETAPANG MENGIKUTI KEGIATAN LATKATPUAN FUNGSI SPK DI AULA MAPOLRES KETAPANG

INI PESAN PERSONIL POLAIRUD KETAPANG KEPADA MASYARAKAT YANG DI TEMUI SAAT BERPATROLIDI SUNGAI PAWAN