PIKET MAKO POLAIRUD KETAPANG RUTIN MENGECEK KONDISI TALI TAMBAT DAN FENDER KAPAL PATROLI



Ketapang - Sabtu (28/10/2023), antisipasi tali tambat kapal patroli tersangkut saat pasang surut air laut yang  bisa membuat kapal patroli tenggelam, setiap personil yang melaksanakan piket jaga Mako secara rutin mengecek kondisi tali tambat dan pelampung pelindung/ fender (dapra) kapal.

Pasang surut air laut mempengaruhi kondisi kapal patroli milik Satpolairud Polres Ketapang yang ditambat di dermaga.

Selain pasang surut air laut, kondisi angin kencang dan gelombang tinggi juga mempengaruhi kondisi kapal patroli yang ditambat, mengingat letak Mako Satpolairud Polres Ketapang tidak begitu jauh dari muara laut Ketapang.

Ombak yang diakibatkan oleh Kapal-kapal yang berlayar melintasi sungai Pawan depan Mako juga diantisipasi jangan sampai  menimbulkan goncangan pada kapal patroli sehingga merusak bodi kapal karena terbentur dermaga.

Kapal patroli yang dimiliki Satpolairud Polres Ketapang berbodi fiber, memerlukan perawatan ekstra, jangan sampai rusak akibat benturan dengan dermaga 

" Biaya perawatan kapal patroli yang tinggi membuat personil Satpolairud Polres Ketapang yang melakukan piket jaga Mako selalu berhati-hati jangan sampai kapal patroli rusak atau tenggelam, sehingga menggangu kesiapan Satpolairud Polres Ketapang dalam melakukan tugas di wilayah perairan Ketapang " ujar Aipda Mulyono.

Selain melakukan pengecekan kendaran air, pada malah hari piket jaga mako juga melakukan pengawasan lingkungan sekitar mako, antisipasi pelaku pencurian barang-barang di kapal patroli atau speed boat patroli, yang menyasar kipas kapal atau seed boat, alat komunikasi dan alat navigasi kapal patroli serta barang berharga lainnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TERKAIT VIRUS COVID-19, PERSONEL PATROLI SATPOLAIR SAMPAIKAN HIMBAUAN PATUH PROTOKOL KESEHATAN

POLAIRUD KETAPANG MENGIKUTI KEGIATAN LATKATPUAN FUNGSI SPK DI AULA MAPOLRES KETAPANG

INI PESAN PERSONIL POLAIRUD KETAPANG KEPADA MASYARAKAT YANG DI TEMUI SAAT BERPATROLIDI SUNGAI PAWAN