SAMBANGI TB. MEGA M, PERSONIL PATROLI SATPOLAIRUD SAMPAIKAN HIMBAUAN KAMTIBMAS

 


Ketapang-  Minggu, (29/01/2023). Dalam setiap pelaksanaan patroli perairan oleh Personil patroli Satpolairud Polres Ketapang, selain monitor terhadap kamtibmas perairan sepanjang alur perairan yang dilalui, juga melakukan sambang kepada kapal-kapal yang keluar masuk perairan  Ketapang yang saat ini sedang sandar di dermaga maupun tersus yang ada di Kab. Ketapang. 


Dalam patroli perairan saat ini, personil Satpolairud singgah di salah satu tugboat yang sedang sandar di sekitar muara laut Ketapang yaitu TB. Mega M yang menarik tongkang bermuatan minyak CPO. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengetahui kelengkapan dokumen kapal, isi muatan kapal serta jumlah crew kapal yang ada di atas kapal, antipasi keluar masuknya barang illegal, berbahaya atau narkoba melalui perairan Ketapang, serta mengetahui situasi pelayaran yang saat ini terjadi.


TB. Mega M yang saat itu disinggahi personil Satpolairud di nahkodai Sdr. Aspan dengan 9 crew ABK, dan dokumen dinyatakan lengkap. Saat ini TB. Subur Mandiri sedang melakukan pengisian muatan CPO di dermaga PT. GLG Kec. Mauara Pawan Ketapang. Dalam kesempatan tersebut personil sekaligus menggali informasi perihal aktifitas pelayaran serta menghimbau kepada crew dan awak kapal lainnya untuk selalu waspada dan hati-hati, mengingat cuaca di akhir bulan Januari 2023 ini cukup ekstrim berdasarkan prediksi yang dikeluarkan oleh BMKG sehinga mengakibatkan jadwal pelayaran terpaksa ditunda “ kita sampaikan kepada seluruh crew kapal untuk selalu mengupdate cuaca melaui BMKG sebelum melakukan pelayaran, bilamana tidak memungkinkan agar tidak memaksakan diri untuk berlayar “ ujar Aipda Aipda Aef Sumarno.     


Selain memantau aktifitas perairan dan hilir mudik kapal, dermaga atau tersus yang menjadi lokasi sandar kapal-kapal merupakan salah satu objek yang menjadi target aksi premanisme, sehingga diharapkan dengan kehadiran polisi di lokasi tesebut dapat memperkecil peluang kejahatan. “ Diharapkan dengan kegiatan patroli yang dilaksanakan oleh personil satpolairud Polres Ketapang dapat memberikan rasa aman kepada para pengguna alur Sungai Pawan serta mencegah hal-hal yang dapat menggangu situasi Kamtibmas di wilayah perairan, “ tambah Aipda Aef.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TERKAIT VIRUS COVID-19, PERSONEL PATROLI SATPOLAIR SAMPAIKAN HIMBAUAN PATUH PROTOKOL KESEHATAN

POLAIRUD KETAPANG MENGIKUTI KEGIATAN LATKATPUAN FUNGSI SPK DI AULA MAPOLRES KETAPANG

INI PESAN PERSONIL POLAIRUD KETAPANG KEPADA MASYARAKAT YANG DI TEMUI SAAT BERPATROLIDI SUNGAI PAWAN