PERSONIL PATROLI SATPOLAIRUD SAAT SAMBANGI ABK KAPAL KM. OPTIMUS DI TEPIAN SUNGAI PAWAN

 



Ketapang-  Minggu, (29/01/2023). Dalam pelaksanaan patroli perairan yang dilaksanakan oleh Personil Satpolairud Polres Ketapang, selain monitor terhadap kamtibmas perairan sepanjang alur perairan yang dilalui, juga melakukan pemeriksaan terhadap kapal-kapal yang keluar masuk perairan  Ketapang, dan memastikan tidak ada barang-barang illegal yang diangkut oleh kapal-kapal ekspedisi kargi dan tugboat yang melakukan bongkar muat di dermaga serta menyampaikan informasi perihal pelayaran secara umum kepada warga dan pekerja yang ditemui. 


Dalam patroli perairan saat ini, personil Satpolairud singgahi salah satu kapal kargo yaitu KM. Optimus yang sedang labuh jangkar di perairan Sungai Awan Kiri Kec. Muara Pawan Ketapang dan menunggu antrian bongkar muatan. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk pemeriksaan kapal dan mengetahui kelengkapan dokumen kapal, isi muatan kapal serta jumlah crew kapal yang ada di atas kapal, serta antipasi keluar masuknya barang illegal, berbahaya atau narkoba melalui perairan Ketapang, sekaligus personil memberikan himbauan kepada Kapten dan crew kapal lainya yang ada di kapal tersebut.


KM. Optimus yang saat itu disinggahi personil Satpolairud di nahkodai Sdr. Rian Saat ini sedang menunggu bongkar muatan pupuk yang akan di distribusikan di Kab. Ketapang. Dalam kesempatan tersebut selain melakukan pemeriksaan dokumen dan kelengkapan kapal, personil sekaligus menggali informasi perihal aktifitas pelayaran serta mengingatkan kembali kepada crew dan awak kapal lainnya untuk selalu waspada dan hati-hati, mengingat cuaca saat ini kembali tidak baik dengan gelombang yang cukup tinggi dan dinyatakan kurang baik untuk aktifitas pelayaran. “ kita sampaikan kepada seluruh crew kapal untuk tetap waspada, dan berhati-hati, tetap update perkembangan cuaca melalui BMKG, untuk sementara menunda jadwal pelayaran dan segera hubungi pihak terkait apabila menghadapi kendala dalam pelayaran “ ujar Bripka Fandoli.    


Setelah dirasa cukup dalam menyampaikan himbauan kepada crew kapal, personil memutuskan untuk meninggalkan kapal tersebut dan melanjutkan perjalanan patroli ke lokasi lainnya. “ Diharapkan dengan kegiatan patroli yang dilaksanakan oleh personil satpolairud Polres Ketapang dapat memberikan rasa aman kepada para pengguna alur Sungai Pawan serta mencegah hal-hal yang dapat menggangu situasi Kamtibmas di wilayah perairan, tambah Bripka Fandoli.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TERKAIT VIRUS COVID-19, PERSONEL PATROLI SATPOLAIR SAMPAIKAN HIMBAUAN PATUH PROTOKOL KESEHATAN

POLAIRUD KETAPANG MENGIKUTI KEGIATAN LATKATPUAN FUNGSI SPK DI AULA MAPOLRES KETAPANG

INI PESAN PERSONIL POLAIRUD KETAPANG KEPADA MASYARAKAT YANG DI TEMUI SAAT BERPATROLIDI SUNGAI PAWAN