DEBIT AIR PASANG LAUT MULAI MENURUN, PERSONIL SATPOLAIRUD POLRES KETAPANG LAKSANAKAN PATROLI PERAIRAN DI ALUR SUNGAI PAWAN

 


Ketapang – Minggu, (29/01/2023), Air pasang laut yang masih cukup tinggi dalam minggu ini mulai mengalami penurunan. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa lokasi yang sebelumnya tergenang air hari ini sudah tidak lagi, dan dari pantauan melalui jalur sungai juga terlihat bahwa debit air pasang sudah tidak setinggi sebelumnya. Berdasarkan informasi yang dikeluarkan BMKG bahwa di akhir bulan januari 2023 ini cuaca kurang baik untuk kegiatan pelayaran.


Untuk memastikan kondisi air pasang dan sekaligus antisiapsi gangguan kamtibmas perairan, satpolairud Polres Ketapang laksanakan kegiatan patroli perairan sekaligus untuk memberikan himbauan kepada warga yang tinggal di tepian sungai maupun para nelayan untuk tetap waspada, walapun  air pasang laut sudah mengalami penurunan tidak menutup kemungkinan akan naik kembali, mengingat cuaca saat ini kurang baik.


Dalam patroli kali ini, personil Satpolairud kembali menyisir alur sungai pawan dimulai dari mako satpolairud menuju Sukaharja Kec. Delta Pawan, Negeri baru, Muliakerta Kec. Benua Kayong dan kampung Sampit Kec. Delta pawan Kab. Ketapang. Hasil pantauan personil melalui speedboat  patroli untuk saat ini debit air tidak setinggi beberapa hari sebelumnya, namun air pasang saat ini masih naik namun dapat dikategorikan wajar. Berdasarkan prediksi dari BMKG pasang air laut puncaknya sudah dilewati, namun tidak menutup kemungkinan air laut akan kembali meningkat, mengingat cuaca dalam kurun waktu terakhir sering berubah,  sehingga dikhawatirkan banjir air pasang laut bisa saja menggenangi Kota Ketapang hari ini.  " kami tetap himbau kepada warga Ketapang khususnya yang tinggal di tepian sungai Pawan untuk tetap waspada, dan mudah-mudahan air pasang laut hari ini tidak setingggi beberapa hari kemarin “ ujar Aipda Aef Sumarno.


Setelah memastikan situasi di wilayah sekitaran perairan Kab. ketapang aman kondusif, personil patroli melanjutkan perjalanan menuju muara laut untuk memantau lalu lintas perairan dan jalur keluar masuk kapal dari dan menuju Ketapang  “ semoga cuaca kembali normal sehingga aktiftas pelayaran dan laut dan sungai dapat berjalan dengan aman dan lancar” tambah Aipda Aef.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TERKAIT VIRUS COVID-19, PERSONEL PATROLI SATPOLAIR SAMPAIKAN HIMBAUAN PATUH PROTOKOL KESEHATAN

POLAIRUD KETAPANG MENGIKUTI KEGIATAN LATKATPUAN FUNGSI SPK DI AULA MAPOLRES KETAPANG

INI PESAN PERSONIL POLAIRUD KETAPANG KEPADA MASYARAKAT YANG DI TEMUI SAAT BERPATROLIDI SUNGAI PAWAN