PATROLI SEPANJANG MUARA DAN SUNGAI PAWAN,  POLAIR PASTIKAN ALUR AMAN BAGI PELAYARAN

(Ketapang) - Alur pelayaran sekitar muara laut Ketapang yang dangkal dan sempit rawan akan terkadinya kapal kandas, laka air atau tubrukan kapal. Selain itu banyaknya aktifitas nelayan di sekitar muara turut serta mempengaruhi kelancaran kapal-kapal besar yang keluar masuk sungai Pawan.

Patroli polair selain monitor situasi Kamtibmas Perairan juga monitor alur pelayaran. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan alur aman bagi pelayaran, alat-alat navigasi dalam keadaan baik tidak berubah posisinya serta tidak adanya halangan dan hambatan di alur pelayaran.



Patroli Polair dalam setiap Patroli selalu memberikan himbauan kepada kapal-kapal yang ditemui agar mengutamakan keselamatan ketika keluar masuk muara Ketapang.Kepada kapal nelayan dihimbau agar dalam beraktifitas tidak dialur pelayaran terutama saat kapal besar akan keluar masuk alur pelayaran.

Selain itu bagi kapal-kapal ukuran besar seperti kapal penumpang,  kapal barang atau kapal tunda/tug boat untuk mengurangi kecepatan ketika keluar masuk Sungai Pawan agar tidak terjadi kerusakan akibat gelombang air yang ditimbulkan. Kepada para penambang pasir dihimbau agar tidak beraktifitas melakukan penyedotan sepanjang alur sungai Pawan, tidak terlalu dekat dengan tiang jembatan atau pemukiman warga yang berada di tepian sungai Pawan.


Bripka Mulyono ketika memberikan himbauan kepada para penambang pasir rakyat mengatakan " Dalam beraktifitas melakukan penyedotan pasir, kapal diusahakan jangan di alur karena bila mesin kapal rusak dan tidak bisa memindahkan kapal kemudian ada kapal besar lewat tentu bisa mengakibatkan tubrukan antar kapal, kemudian jangan menyedot sekitar tiang jembatan dan dekat pemukiman warga tepian sungai Pawan ".

Kepada pemukat atau pemancing dengan sampan dihimbau agar ketika beraktifitas tidak ketengah sungai menghindari terjadinya laka air. (mbah moel/admin)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TERKAIT VIRUS COVID-19, PERSONEL PATROLI SATPOLAIR SAMPAIKAN HIMBAUAN PATUH PROTOKOL KESEHATAN

POLAIRUD KETAPANG MENGIKUTI KEGIATAN LATKATPUAN FUNGSI SPK DI AULA MAPOLRES KETAPANG

INI PESAN PERSONIL POLAIRUD KETAPANG KEPADA MASYARAKAT YANG DI TEMUI SAAT BERPATROLIDI SUNGAI PAWAN