MUSIM IKAN GEMBONG TIBA AKTIFITAS NELAYAN DILAUT MENINGKAT

(Ketapang) - Musim angin barat biasanya ditandai dengan banyaknya ikan gembong/kembung yang menepi atau bermigrasi sekitar pesisir pantai untuk mencari makan. Sehingga banyak nelayan cerut/ nelayan ikan gembong yang berburu ikan tersebut sampai dekat pantai. Kabupaten Ketapang yang mempunyai wilayah perairan bersebelahan dengan Kabupaten Kayong Utara menjadi area bagi nelayan ikan gembong untuk beraktifitas. Baik nelayan asal Ketapang atau Tanjung Satai Kabupaten Kayong Utara saling 'berlomba' untuk mendapatkan ikan gembong.

Aktifitas kapal-kapal nelayan dilaut akan semakin ramai terutama kapal-kapal ikan gembong dimalam hari. Selain kapal ikan gembong wilayah pesisir pantai Ketapang banyak juga kapal-kapal nelayan lamdas yang beraktifitas pada malam hari. Disatu sisi nelayan ikan gembong memerlukan cuaca atau cahaya yang gelap agar memperoleh ikan yang banyak, disisi lain nelayan lamdas memerlukan cahaya yang terang untuk memilih atau menyeleksi ikan hasil tangkapnnya. Dua keadaan tersebut bisa menimbulkan konflik  antar nelayan ikan gembong dan nelayan lamdas.
 
Memberi himbauan kepada nelayan ikan gembong

Menyadarai hal tersebut Sat Polair Polres Ketapang, ketika melakukan patroli perairan selalu memberikan himbauan kepada para nelayan terutama para nelayan ikan gembong supaya melakukan aktifitas jangan terlalu ke tepi menghindari konflik dengan nelayan lamdas.

Berpengalaman dari kejadian perkelahian antara nelayan lamdas dan nelayan ikan gembong beberapa tahun yang lalu, ketika menyambangi kapal nelayan ikan gembong Bripka Aef Sumarno selain memberikan himbauan tentang keselamatan dalam pelayaran juga memberikan himbauan agar menghindari konflik antar nelayan.

“ Sesama nelayan sama-sama mencari makan dilaut, mencari nafkah dilaut saya menghimbau agar jangan sampai terjadi konflik, apabila melakukan aktifitas kepada nelayan ikan gembong supaya tidak terlalu ketepi, apabila ada permasalahn dilaut bisa diseleaikan dengan cara yang baik, jangan menggunakan fisik apalagi timbul korban”. Ujar Bripka Aef Sumarno.

Pada siang hari ketika tidak melaut banyak kita jumpai kapal-kapal nelayan ikan gembong yang sandar di PPI atau dermaga agen ikan di tepian sungai Pawan, para nelayan baik dari Ketapang maupun dari luar Ketapang ( Kabupaten Kayong Utara) menjual ikan gembong hasil tangkapannya di Ketapang selain harga jual yang tinggi di Ketapang, para nelayan juga mencari perbekalan selama melaut di pasar-pasar Ketapang. (mbah moel/admin)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TERKAIT VIRUS COVID-19, PERSONEL PATROLI SATPOLAIR SAMPAIKAN HIMBAUAN PATUH PROTOKOL KESEHATAN

POLAIRUD KETAPANG MENGIKUTI KEGIATAN LATKATPUAN FUNGSI SPK DI AULA MAPOLRES KETAPANG

INI PESAN PERSONIL POLAIRUD KETAPANG KEPADA MASYARAKAT YANG DI TEMUI SAAT BERPATROLIDI SUNGAI PAWAN