MEMASUKI MUSIM CUACA BURUK NELAYAN SUKABANGUN BERALIH MENCARI UDANG JAMBU

(Ketapang) - Musim angin kencang menjadi halangan bagi nelayan dengan kapal kecil untuk pergi melaut. Selain sangat beresiko bagi keselamatan mereka, biaya bahan bakar menjadi lebih banyak karena mesin kapal akan bekerja lebih keras dari biasanya.

Untuk mensiasati agar dapur tetap mengepul para nelayan kecil Desa Sukabangun Dalam banyak yang beralih menjadi tukang bangunan, ikut kerja diluar atau mencari udang jambu atau udang halus yang ada disekitar dermaga- dermaga pelabuhan sepanjang sungai Pawan.



Udang halus berukuran panjang kurang dari satu cm tersebut, biasanya digunakan untuk membuat terasi atau Cincalok ( makanan khas Ketapang, yaitu udang yang di fermentasi dengan menggunakan garam) yang bisa di campur untuk sambal atau masakan lainya.

Dari pagi sampai sore biasanya masyarakat Desa Sukabangun Dalam dari orang tua sampai anak-anak mencari udang jambu di sekitar dermaga atau kapal-kapal yang sandar di tepian sungai Pawan. Dengan menggunakan alat berupa jaring kecil atau tangguk mereka mengumpulkan udang untuk dijual atau di bawa balik kerumah.


Salah satu nelayan yang beralih mencari udang jambu adalah sdr.Hamsyah, ia nya mencari udang di sekitar dermaga sdr.Abas tak jauh dari kantor Sat Polair Polres Ketapang. Mengetahui aktifitas nelayan tersebut Anggota  Polair Bripka Eka.H.W,A.Md, Mendatangi dan ngobrol santai dengannya. 

"Walaupun tidak dilaut, hanya disekitar dermaga atau kapal yang sandar di tepian sungai Pawan, kami Polair Polres Ketapang tetap menghimbau agar warga tetap menjaga keselamatan, apalagi banyak dermaga yang terbuat dari kayu yang rawan lapuk atau licin, agar tidak terpeleset ke sungai, terutama bagi anak-anak para orang tua agar turut mengawasi " Ujar Bripka Eka.H.W, A.Md, anggota Polar saat memberi himbauan kepada warga yang sedang mencari udang jambu atau udang halus. (mbah moel/admin)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TERKAIT VIRUS COVID-19, PERSONEL PATROLI SATPOLAIR SAMPAIKAN HIMBAUAN PATUH PROTOKOL KESEHATAN

POLAIRUD KETAPANG MENGIKUTI KEGIATAN LATKATPUAN FUNGSI SPK DI AULA MAPOLRES KETAPANG

INI PESAN PERSONIL POLAIRUD KETAPANG KEPADA MASYARAKAT YANG DI TEMUI SAAT BERPATROLIDI SUNGAI PAWAN