KAPAL POLAIR BERI PANDU NELAYAN YANG KESULITAN MASUK MUARA LAUT KETAPANG

(Ketapang) - Muara laut Ketapang memiliki alur pelayaran yang sempit dan dangkal, baik muara besar atau muara kecil/kuala pendek, kapal-kapal ukuran besar harus menunggu air pasang untuk memasuki muara besar menuju Pelabuhan Pelindo Ketapang.Bagi kapal-kapal nelayan yang akan menuju TPI Pasar Rangga Sentap memilih lewat muara kecil atau kuala pendek.

Karekteristik muara laut Ketapang yang meiliki alur sempit dan dangkal tersebut memerlukan ketepatan dan ketelitian bagi nahkoda agar bisa masuk sungai Pawan dengan aman dan tidak terjadi kapal kandas.Bagi nelayan -nelayan luar Ketapang yang belum pernah memasuki muara kecil akan sulit menuju sungai Pawan selain alur yang dangkal dan sempit juga tidak adanya rambu-rambu atau alat tanda navigasi alur pelayaran seperti muara besar Ketapang.Beberapa kali kapal-kapal nelayan mengalami kandas di sekitar muara karena salah alur terutama saat air laut surut.

KAPAL NELAYAN YANG KANDAS DI MUARA KECIL KETAPANG

Menyadari hal tersebut Sat Polair sering mengadakan Patroli alur sekitar muara besar atau muara kecil laut Ketapang. Tujuannya untuk monitoring alur pelayaran, melakukan himbauan kepada awak kapal-kapal nelayan agar hati-hati keluar masuk muara kecil Ketapang.

Saat Patroli sekitar muara kecil Ketapang Kapal Patroli C-3 300 PK No.Pol V-1018 milik Sat Polair Polres Ketapang menemukan kapal Nelayan kecil pencari Tripang asal Pulau Madura KM.Bunga Padi GT.4 yang sdeang mengalami kesulitan memasuki muara kecil laut Ketapang.Kapal nelayan tersebut mengalami kendala di mesin kapal dan rencana akan diperbaiki di sekitar TPI Pasar Rangga Sentap.

Setelah dilakukan dialog ternyata nahkoda kapal sdr. H.Asat Efendi baru pertama kali memasuki muara Kecil Ketapang sehingga tidak mengetahui alur masuk sungai Pawan. Kepada Nahkoda Kapal Bripka Eka.H.W,A.Md, anggota patroli Polair Polres Ketapang mengatakan " Bagi nelayan luar yang akan memasuki muara kecil Ketapang mohon berhati-hati mesasuki muara tersebut mengingat alur yang dangkal dan sempit apalagi saat air laut surut, apalagi bagi nahkoda kapal yang baru pertama kali ke Ketapang".

Patroli Polair pandu kapal nelayan masuki sungai Pawan
Selanjutnya Kapal Patroli C-3 300 PK No.Pol V-1018 memandu kapal KM.Bunga Padi menuju sun gai Pawan dan kepada nahkoda di berikan surat himbauan keselamatan pelayaran yang terdapat nomor-nomor penting Sat Polair termasuk Call Center 085346964712 yang bisa dihubungi jika mengalami kendala atau kesulitan ketika melaut. ( mbah moel/admin)














Komentar

Postingan populer dari blog ini

TERKAIT VIRUS COVID-19, PERSONEL PATROLI SATPOLAIR SAMPAIKAN HIMBAUAN PATUH PROTOKOL KESEHATAN

POLAIRUD KETAPANG MENGIKUTI KEGIATAN LATKATPUAN FUNGSI SPK DI AULA MAPOLRES KETAPANG

INI PESAN PERSONIL POLAIRUD KETAPANG KEPADA MASYARAKAT YANG DI TEMUI SAAT BERPATROLIDI SUNGAI PAWAN