ISU IKAN BERFORMALIN, PENGUSAHA IKAN ASIN  PASTIKAN KETAPANG BERSIH DARI FORMALIN

Makanan yang sehat dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya adalah dambaan setiap orang.Tak terkecuali dengan ikan asin yang biasa kita makan. Ketapang salah satu Kabupaten di Propinsi Kalimantan Barat mempunyai wilayah perairan yang luas, sebagian besar penduduknya adalah nelayan, ikan segar sangat mudah kita jumpai bahkan ikan gembung kalau sudah musim sangat melimpah bahkan sampai tidak terjual.Salah satu cara agar tidak merugi nelayan Kabupaten Ketapang mengakalinya dengan cara diawetkan dengan dibuat ikan asin agar tahan lama dan bisa di jual kembali.

Patroli Sat Polair sambangi nelayan pengawet ikan

TPI pasar Rangga Sentap adalah salah satu contoh tempat pengawetan ikan oleh nelayan Ketapang. Disini banyak ditemukan ikan-ikan yang tidak laku dijual di jemur di terik matahari. Salah satu pengusaha ikan adalah Dedi dan Sidik, sudah beberapa tahun ini keduanya menekuni pekerjaan mengawetkan ikan yang tidak laku dijual untuk di buat ikan asin.Ikan-ikan yang tak terjual kemudian dibelah dikeluar isi perutnya, dicuci kemudian dilumuri garam dan dijemur di terik matahari selama beberapa hari hingga ikan benar-benar kering dan siap di jual.

Anggota Patroli Sat Polair Polres Ketapang yang sering menyambangi TPI Pasar Rangga sentap tak lupa mengunjungi lapak-lapak pekerja pengawet ikan. Bripka Aef Sumarno anggota Sat Polair Polres Ketapang saat menemui para pekerja pengawet ikan mengatakan " Kami setiap berkunjung ke TPI Pasar Rangga Sentap selalu menyempatkan diri mendatangi dan bersilaturahmi dengan para pekerja pengawet ikan, kami selalu menghimbau agar dalam pengawetan ikan tidak menggunakan bahan kimia berbahaya seperti fotmalin, karena di samping dilarang bahaya yang di timbulkan bagi tubuh manusia sangat besar, dan himbauan ini akan sering kami lakukan agar Ketapang bebas dari ikan berformalin."

Sidik salah satu pengusaha ikan asin di pasar Rangga Sentap berujar : Insyaallah ikan-ikan asin kami bebas dari formalin, karena selain tidak baik bagi tubuh manusia dan ancaman pidana menggunakan formalin cukup besar, di Kabupaten Ketapang susah mencari yang namanya formalin apalagi dalam jumlah besar, jadi kami memastikan ikan asin kami bebas dari Formalin karena kami mengawetkannya dengan garam saja ."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TERKAIT VIRUS COVID-19, PERSONEL PATROLI SATPOLAIR SAMPAIKAN HIMBAUAN PATUH PROTOKOL KESEHATAN

POLAIRUD KETAPANG MENGIKUTI KEGIATAN LATKATPUAN FUNGSI SPK DI AULA MAPOLRES KETAPANG

INI PESAN PERSONIL POLAIRUD KETAPANG KEPADA MASYARAKAT YANG DI TEMUI SAAT BERPATROLIDI SUNGAI PAWAN